Refleksi Akhir Tahun FHUJ 2010

Mengakhiri tahun 2010 dan menyambut tahun baru 2011 Fakultas Hukum Universitas Jember menggelar acara Tutup Tahun. Acara yang digelar  di aula Fakultas Hukum ini dihadiri oleh seluruh sivitas akademika dan juga alumni Fakultas Hukum. Agenda pokok  dari kegiatan ini adalah refleksi dari apa yang sudah dicapai  pada tahun 2010 dan proyeksi di tahun 2011.

Dalam kesempatan ini Dekan Fakultas Hukum Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S. H., M. Hum memaparkan program-program yang sudah terlaksana selama tahun 2010. Banyak prestasi yang diraih Fakultas Hukum selama tahun 2010. Beberapa hal yang menonjol antara lain di bidang akademik adalah penyelenggaraan Workshop Kurikulum Strata (1) yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas pendidikan serta mengevaluasi masa studi mahasiswa.

Dalam bidang  penelitian antara lain meningkatnya jumlah penelitian yang mendapatkan pendanaan melalui Hibah Kompetisi (7 penelitian) serta meningkatnya jumlah penelitian mandiri. Dalam bidang Pengabdian Masyarakat Fakultas Hukum telah membentuk Biro Pelayanan Dan Bantuan Hukum (BPBH).  Fakultas Hukum juga memberi penugasan dosen sebagai konsultan ahli penyusunan Naskah Akademis dan Raperda  di beberapa daerah.

Yang tidak kalah hebatnya adalah bidang kemahasiswaan. Prestasi di tingkat nasional yaitu Juara I Lomba Debat Hukum Nasional UI Piala Prof. Padmo Wahjono Sciensational 2010 dan Juara Harapan II ajang Lomba Karya Tulis Mahasiswa Nasional Dalam Rangka Brawijaya Law Fair 2010.

Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S. H., M. Hum mengakui disamping prestasi yang sudah diraih, masih ada kekurangan yang merupakan pekerjaan rumah bagi seluruh sivitas akademika Fakultas Hukum. Oleh sebab itu dibutuhkan semangat dan kekompakan yang lebih tinggi untuk menuju Fakultas Hukum  yang lebih baik. Tugas berikutnya sudah didepan mata yaitu mempertahankan akreditasi A.  Tidak lupa  Prof. Dr. M. Arief Amrullah, S. H., M. Hum mengucapkan terima kasih kepada seluruh Sivitas akademika atas kerjasama selama ini sehingga berbagai prestasi bisa diraih.

Insyiroh Kresnawati salah satu perwakilan mahasiswa Fakultas Hukum  mengungkapkan kebanggaannya menjadi  warga Fakultas Hukum karena  berbagai prestasi baik tingkat nasional, regional ataupun di tingkat universitas berhasil ditorehkan oleh sivitas akademika Fakultas Hukum. Disisi lain Insyiroh Kresnawati menyampaikan beberapa kekurangan yang masih dirasakan mahasiswa dalam proses belajar baik dalam sarana prasarana maupun dalam masalah birokrasi.

Sementara itu Kasat Narkoba Polres Jember AKP Edy Sudarto,S.H.M.H yang merupakan alumni Program Pasca Sarjana Magister Hukum mengemukakan sudah saatnya Fakultas Hukum mengurangi dosen terbang serta lebih memberdayakan dosen-dosen yang dimiliki saat ini. Terbukti banyak tenaga pengajar Fakultas hukum yang berkualitas yang diakui secara nasional.

Sumber website UJ

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s