Apa Sih Keuntungan Tes IELTS?

SAAT memutuskan kuliah di luar negeri, ada beberapa hal yang harus kamu penuhi. Salah satunya adalah kemampuan berbahasa Inggris. Untuk mengukur kemampuan, kamu bisa mengikuti tes bahasa Inggris. Lantas, bagaimana memilih tes yang paling sesuai agar mendukung kegiatan akademismu? Berikut tipsnya seperti dikutip dari International Graduate.

Perwakilan Cambridge ESOL, Pamela Baxter, mengatakan salah satu tes bahasa Inggris yang bisa diikuti adalah International English Language Testing System (IELTS). Menurut Baxter, IELTS merupakan cerita keberhasilan global, di mana kamu bisa menjadi salah satu bagiannya.

IELTS dikembangkan sejak 20 tahun lalu. Saat ini setiap tahun, satu juta calon mahasiswa mengikuti IELTS. Dan pada 2009, orang yang mengikuti IELTS mencapai rekornya yakni 1,4 juta orang.

Salah satu pendorong keberhasilan IELTS adalah manfaat yang diterima oleh setiap calon mahasiswa. Lantas, apa keuntungan yang bisa kamu dapatkan jika mengikuti tes IELTS?

IELTS diakui lebih dari 6.000 organisasi di dunia, termasuk lebih dari 3.000 program dan lembaga di Amerika Serikat. Baxter menjelaskan, mencapai nilai yang disyaratkan sama IELTS seperti mendapatkan tiket keliling dunia termasuk memasuki pendidikan tinggi internasional.

Pasalnya, jika ingin memasuki perguruan tinggi di Inggris, ini merupakan pilihan yang ideal. Apalagi, tes IELTS diakui oleh perguruan tinggi di beberapa negara seperti Australia, Kanada, Selandia Baru, Inggris dan Amerika Serikat.

IELTS juga diterima oleh perusahaan, otoritas imigrasi, dan organisasi lainnya di dunia. Tentunya ini menguntungkan kamu tidak hanya saat kuliah. Karena itu, IELTS tidak hanya memberikan keuntungan untuk kuliah tapi juga saat kamu mencari pekerjaan.

Lantas, seperti apa IELTS itu? IELTS didesain untuk menilai kemampuan bahasa Inggris dalam kehidupan nyata. IELTS membuat kamu meningkatkan keterampilan komunikasi sesuai dengan kegiatan kuliah. Karena yang dinilai dalam IELTS adalah kemampuan membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Ini adalah elemen yang kamu butuhkan saat berada di dalam kelas.

Salah satu keuntungan besar dari IELTS adalah pendekatan internasional saat ujian. Pasalnya institusi yang menyelenggarakan IELTS dan diakui dunia yakni Cambridge ESOL, British Council dan IDP: IELTS Australia menyediakan pandangan global mengenai pasar mahasiswa.

Saat ini, tes IELTS tersedia di lebih dari 130 negara dan dapat diambil sampai dengan 48 kali setahun. Jadi di mana pun kamu berada, akses untuk mengikuti IELTS bukanlah masalah.

Hasil tes bisa didapatkan 13 hari setelah mengikuti tes. Lebih dari tujuh juta orang di dunia telah mengambil IELTS. Jadi, tunggu apa lagi? Selamat mencoba!(rfa)

Sumber: okezone

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s