Siapa Saja yang Hapus Kamu di Facebook?

Bagi siapa saja yang ingin tetap bertegur sapa meski tidak bisa (sempat) bertemu secara langsung, Facebook adalah salah satu solusinya. Sebagai jejaring sosial (social networking), Facebook memberikan kemudahan berinteraksi untuk menjalin pertemanan di dunia maya. Di sisi lain, meskipun kini terdapat banyak jejaring sosial, namun Facebook tetap dipercaya sebagai social networking yang handal. Buktinya Indonesia berada pada peringkat ketiga di dunia sebagai pengguna terbanyak di dunia, setelah Amerika Serikat dan India.

Banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, melihat fungsi Facebook yang beragam. Dari sekedar pertemanan biasa sebagai media saling sapa, sebagai tempat curhat maupun diskusi tertentu yang dinilai penting. Kendati demikian, tidak menutup kemungkinan ada juga bahkan sering, terdapat beberapa teman yang sering muncul di Home, namun tiba-tiba hilang tanpa jejak. Apakah mereka menon-aktifkan akun Facebook mereka, atau bahkan menghapus anda sebagai temannya?

Sebelumnya kita tidak akan dapat mengetahuinya, karena Facebook tidak menyediakan layanan untuk mengetahui siapa saja yang tidak lagi berteman dengan kita. Tapi jangan khawatir, kini teman-teman akan mengetahui siapa saja yang tidak lagi menjadi teman setelah menginstal Unfriend Finder.

Meskipun mampu melacak siapa saja teman kita yang menghapus dari pertemanan, namun Unfriend Finder bukan fitur yang built-in dari Facebook, melainkan sebuah add-on dari browser yang dibuat khusus untuk Facebook dengan fungsi yang tidak dimiliki oleh Facebook. Dengan menginstalnya, kita akan dapat mengetahui secara real-time siapa saja yang telah menghapus kita dari pertemanan, menon-aktifan akunnya dan yang belum mengkonfirmasi permintaan pertemanan kita.

Jika add-on sudah terinstal dengan benar, maka akan muncul tulisan Unfriends di samping menu Home di Facebook kita, seperti di bawah ini:

Bagaimana caranya? Tentu teman-teman harus install add-on browser masing-masing terlebih dahulu. Saya di sini menggunakan Mozilla Firefox dan berikut tahap-tahapnya:

  • Masuk di http://userscripts.org/scripts/show/58852, lalu di sebelah kanan pada bagian atas dari halaman ada tulisan INSTALL.
  • Jangan klik INSTALL, namun klik tulisan kecil di bawahnya, “How do I use this?”.
  • Selanjutnya kita akan masuk pada sebuah halaman dengan beberapa pilihan untuk menginstall add-on Greasemonkey, lalu klik Greasemonkey untuk menginstal add-on Greasemonkey tersebut.
  • Anda akan membutuhkan beberapa menit untuk menginstal add-on tersebut, dan setelah add-on berhasil diinstal dengan benar, silakan restart browser anda.
  • Setelah itu, kembali pada tampilan di langkah awal, klik “Current Version: Version 35 – Official Website”.
  • Setelah tahap instalasi di atas sebelasi dilakukan, sila cek halaman Facebook anda. Jika instalasi dilakukan dengan benar, akan ada tampilan menu “Unfriends” di samping “Home”.

Anda akan mengetahui secara real-time siapa saja yang menghapus anda dari pertemanan dengan tanda layaknya teman-teman mendapat pemberitahuan (notification) atau Friend Request, seperti di bawah ini:

Tetapi yang perlu diingat, karena fitur ini bukan disediakan resmi oleh Facebook, bisa jadi suatu saat nanti Facebook mengubah kode pemrograman atau membuat fitur add-on ini tidak lagi kompatibel sehingga tidak dapat digunakan.

.

Tulisan Terkait:

 

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s