Jika WP 8 Gagal, Nokia Siap Gunakan Android

Baru-baru ini, Nokia, dengan kebingungannya, mengemukakan bahwa kemungkinan akan menerapkan ‘Plan B’ dengan menggunakan sistem operasi Android yang akan disematkan dalam perangkatnya, jika Windows Phone 8 terbukti gagal mendapatkan daya tarik pasar.

Dalam sebuah wawancara pada Finnish TV, Risto Siilasma, seorang anggota badan direktur Nokia mengemukakan bahwasanya Android adalah ‘backup plan’ perusahaannya jika WP, nantinya, gagal meraih pangsa pasar.

Namun demikian, Siilasmaa menambahkan, ia senang dengan apa yang terjadi saat ini untuk menggunakan Windows Phone 8 sehingga beralih ke rencana B mungkin tidak akan diperlukan. Hal demikian dikarenakan Microsoft dan Nokia sedang bertaruh pada lebih banyak fitur yang disematkan dalam ponselnya dan meminimalisasi bug yang bertujuan sebagai upaya untuk memulihkan keadaan yang menguntungkan bagi keduanya.

Di satu sisi, kabar tentang Plan B ini disambut bahagia oleh banyak pihak, jika pada kenyataannya Nokia bergabung dengan Android dan mulai benar-benar memproduksi perangkat high-end-nya. Sedangkan di sisi lain, sepertinya kemungkinan penggunaan OS Android ini tampaknya tidak mungkin, kendalanya karena kontrak antara Nokia dan Microsoft telah menyepakati klausa, “yang memaksa Finlandia untuk memfokuskan semua upaya mereka pada WP”.

Update: Ketika Nokia ditanya perusahaan apa yang akan menjadi rencana backup, Pimpinan Nokia tersebut masih belum menyampaikan pernyataan secara ekspilisit untuk menggunakan Andorid. Ia hanya menyampaikan, “[…] like any responsible board, we must be prepared for alternatives, but that is not our focus today […]“.

Meskipun demikian, keputusan tersebut secara tidak langsung telah menegaskan bahwa satu-satunya alternatif yang akan membuat Nokia mampu bersaing di pasar di samping menggunakan Windows Phone, juga Android.

Sumber: gsmarena.com

.

Tulisan Terkait:

2 thoughts on “Jika WP 8 Gagal, Nokia Siap Gunakan Android

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s