Sekilas Tentang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

worldBagi setiap orang, pergi ke luar negeri adalah sebuah cita-cita atau setidaknya adalah suatu pengalaman yang cukup bergengsi. Kini, untuk bisa pergi keluar negeri tidak harus menunggu memiliki rezeki yang cukup, kalian yang masih remaja bisa pula pergi keluar negeri dengan tanpa biaya.

Ya, bagi kaum muda di seluruh Indonesia, keinginan itu bisa kalian wujudkan dengan mengikuti seleksi Program Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN). Kalian akan berangkat keluar negeri dalam program pertukaran pemuda sebagai duta negara dengan membawa misi untuk mewakili Negara Indonesia.

Melalui program pertukaran ini kalian tidak hanya akan kenal dengan teman-teman baru dari berbagai negara, tetapi juga berkesempatan jalan-jalan gratis ke negara asing. Tentu saja, sambil jalan-jalan itu kita belajar banyak hal dari negara, penduduk, dan kebudayaan negara yang kita singgahi.

PPAN ini merupakan agenda rutin yang diadakan setiap tahun oleh Kementerian Pemuda dan Olahraga, dan Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) masing-masing regional yang bertindak sebagai panitia pelaksanaan program ini. Proses seleksinya juga tentunya membutuhkan perjuangan yang sungguh-sungguh untuk dapat tembus sebagai penerima beasiswa program ini. Seleksi tersebut dimulai dari seleksi berkas (administrasi), seleksi tulis, seleksi wawancara hingga proses karantina.

Syaratnya mudah, kok. Pelamar program ini haruslah merupakan warga negara Indonesia (WNI) yang sehat jasmani dan rohani, serta belum menikah. Pelamar juga harus memiliki wawasan luas tentang Tanah Air dan dunia internasional.

Selain itu, pelamar harus memiliki kemampuan seni dan budaya Indonesia atau keterampilan yang dapat dikontribusikan untuk program ini. Misalnya, fotografi, film making, menulis, public speaking, membatik atau keterampilan lainnya.

PPAN ini terdiri atas Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP), Ship for Southeast Asian Youth Program (SSEAYP), Indonesia Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP), Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP), Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP) dan China-Indonesia Youth Exchange Program (CHIYEP).

Secara ringkas, berikut penjelasan tentang masing-masing program PPAN:

1. Ship for South East Asean Youth Program (SSEAYP)

Tema: Cross-Cultural Understanding & Leadership
Durasi: dua bulan
Elemen Program: Homestay, JASEAN Youth Leader Summit, Onboard Activities, Discussion, Club activity, Courtesy Call, Institutional Visit.

2. Indonesia-Canada Youth Exchange Program (ICYEP)

Tema: Youth Leadership in Action (Community Development & Volunteering)
Durasi: tujuh bulan (3,5 bulan fase Kanada, 3,5 bulan fase Indonesia)
Elemen program: Host Family, Work Placement, Counterpart, Educational Activity Day, Culture Show, Community Project, Sector Project

3. Australia-Indonesia Youth Exchange Program (AIYEP)

Tema: Professionalism
Durasi: empat bulan (dua bulan fase Australia, dua bulan fase Indonesia)
Elemen Program: Homestay, Internship, Social Activities, Counterpart, Art Performance.

4. Indonesia-Malaysia Youth Exchange Program (IMYEP)

Tema: Entrepreneurship
Durasi: 10 hari
Elemen Program: Courtesy Call, Field Visit, Art Performance, Homestay.

5. Indonesia-Korea Youth Exchange Program (IKYEP)
Tema: Art & Culture
Durasi: 20 hari
Elemen Program: Art Workshop, Art Performance, Homestay, Institutional Visit, Field Trip, Courtesy Call.

6. China-Indonesia Youth Exchange Program (CHIYEP)

Tema: Youth Empowerement
Durasi: 10 hari
Elemen Program: Courtesy Call, Visit, Comparative study about Youth Empowerment in China.

Pendaftaran dilakukan secara online di laman masing-masing Purna Caraka Muda Indonesia (PCMI) tiap provinsi, antara lain:

Persyaratan sebagaimana yang dirilis PCMI Jawa Timur adalah sebagai berikut:

  • WNI, Penduduk Jawa Timur (dibuktikan dengan foto kopi KTP yang masih berlaku).
  • Berusia dalam batasan 18 hingga 30 tahun per 1 Mei 2013, dengan ketentuan:
1. Program Kanada (18-23 tahun)
2. Program Australia (20-25 tahun)
3. Program SSEAYP (20-30 tahun)
4. Program Korea (22-27 tahun)
5. Program China (18-25 tahun)
6. Program Malaysia (23-30 tahun)
  • Memiliki prestasi minimal tingkat Provinsi dibuktikan dengan lampiran fotokopi sertifikat atau menjadi badan pengurus harian suatu organisasi dibuktikan dengan struktur organisasi yang terlegalisasi.
  • Menyertakan dua buah surat rekomendasi (dari organisasi dan personal selain anggota keluarga).
  • Belum menikah.
  • Pendidikan minimal lulus SLTA atau sederajat.
  • Memiliki kemampuan berbahasa Inggris aktif yang baik, dengan menyertakan nilai TOEFL minimal 450 (Sertifikat tidak perlu dilampirkan saat pengumpulan berkas aplikasi).
  • Memiliki kemampuan dan pengetahuan mengenai seni budaya bangsa, serta menguasai setidaknya 1 (satu) bentuk kesenian daerah Jawa Timur.
  • Belum pernah mengikuti program pertukaran pemuda antar negara yang dilaksanakan oleh Kementerian Negara Pemuda dan Olahraga (eks-Ditjen Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda, Kementerian Pendidikan Nasional).
  • Menyerahkan formulir pendaftaran yang sudah diisi lengkap (termasuk foto, dan jawaban lengkap terhadap semua pertanyaan)

Jadi, kalian yang berminat, persiapkan sedini dan sebaik mungkin. Apabila batas waktu tahun ini sudah berlalu, masih ada kesempatan untuk mengikuti program ini di tahun kemudian. Begitu juga bagi yang belum berhasil di tahun lalu, mungkin keberuntungannya pada tahun ini. Selamat mencoba, good luck.

.

Tulisan Terkait:

One thought on “Sekilas Tentang Pertukaran Pemuda Antar Negara (PPAN)

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s