1000 Mahasiswa Filipina Belajar di UNEJ

unejMenyongsong ASEAN Community pada 2015, setiap negara berlomba-lomba menyiapkan sumber daya manusia mereka. Terutama para tenaga kerja terdidik yang nantinya akan bebas bekerja di berbagai negara ASEAN, termasuk di Indonesia.

Dalam mempersiapkan diri, salah satu cara yang ditempuh oleh University of San Carlos, Filipina adalah menggandeng Universitas Jember (UNEJ). Tak tanggung-tanggung, mereka meminta UNEJ untuk mengajarkan bahasa Indonesia kepada sekira 1.000 mahasiswanya.

Keseriusan University of San Carlos itu dibuktikan dengan kunjungan ke Kampus Unej Tegalboto, beberapa waktu. Gayung bersambut, ajakan kerjasama tersebut mendapat sambutan baik dari Rektor Unej, Moh Hasan.

Dia menilai, dalam mengantisipasi ASEAN Community, bahasa menjadi suatu yang penting. Tidak hanya bahasa internasional, yakni Bahasa Inggris tetapi juga bahasa dari setiap negara anggota ASEAN, seperti bahasa Tagalog, Thai, dan tentu saja bahasa Indonesia.

“Dalam pelaksanaan ASEAN Community nanti, masyarakat ASEAN seakan tanpa batas. Komunikasi antarbudaya bukan lagi sebuah hal yang asing di semua aspek kehidupan. Contoh nyata di Jember saja telah berdiri perusahaan dari Filipina,” ujar Hasan, seperti dinukil dari laman Unej, Jumat (26/7/2013).

Vice President for Academic Affairs University of San Carlos Fr Anthony S Salas, pihaknya memang mendorong para mahasiswa untuk belajar di seluruh belahan dunia. ASEAN Community, lanjutnya, telah mengubah paradigma mahasiswa yang biasa mengejar pendidikan ke Eropa dan Amerika.

“Mahasiswa University of San Carlos kini lebih menyukai belajar di kawasan ASEAN, termasuk Indonesia. Ini adalah efek dari akan diberlakukannya ASEAN Community. Di samping itu, University of San Carlos mewajibkan mahasiswanya belajar satu bahasa dari negara ASEAN di luar bahasa internasional,” papar Anthony.

Dia menambahkan, sebesar 70 persen penduduk ASEAN berbahasa Melayu. Sehingga, lanjutnya, bahasa Melayu, khususnya Bahasa Indonesia akan menjadi salah satu alat komunikasi penting di masa mendatang.

Sumber: http://www.okezone.com

.

Artikel Terkait:

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s