Beasiswa S2 dan S3 dari KAUST, Mau?

schoolKing Abdullah University of Science and Technology (KAUST), Saudi Arabia memberikan beasiswa (fellowships) bagi warga negara Indonesia untuk melanjutkan studi S2 atau S3 di Saudi Arabia. Beasiswa ini terdiri dari:

  • Uang saku bulanan: 25000 USD/tahun, naik menjadi 30000 USD/tahun setelah lulus melewati kandidasi PhD/lulus ujian kualifikasi PhD), 20000 USD/tahun untuk Master.
  • Rumah tinggal, asuransi kesehatan, tiket pesawat pulang pergi ke Indonesia (untuk rumah tinggal: disediakan rumah yang sudah dilengkapi dengan furniture lengkap  seperti tempat tidur, lemari, meja, TV, internet, AC, kamar mandi dalam, kulkas, microwave, mesin cuci dan mesin pengering pakaian)

Selain itu, keuntungan lain yang bisa diperoleh antara lain:

  • Memiliki kesempatan rmelakukan penelitian bersama professor-professor ternama di dunia, berkolaborasi research dengan perusahaan perusahan besar di dunia seperti Saudi Aramco, Boeing, Sabic, Schlumberger dll, serta akses menggunakan fasilitas research yang paling mutakhir. Dengar 10 milliar dollar hasil dari sumbangan Raja Abdullah, kampus ini dapat menggiurkan banyak professor ternama dengan renumerasinya dan mampu membeli fasilitas-fasilitas research yang high-end.

  • Bagi mahasiswa muslim, kamu berkesempatan mengunjungi tempat-tempat suci dalam Islam seperti Makkah dan Madinah. KAUST menyediakan jasa transportasi bus secara gratis untuk mengunjungi tempat tersebut bagi yang mau Umrah.

  • Lingkungan hidup yang penuh dengan bahasa Inggris. Disini kamu bisa berlatih dan semakin menyempurnakan bahasa Inggris kamu. Tidak butuh sama sekali untuk dapat berbahasa Arab.

Persyaratan umum:

  • Untuk pelamar S2 IPK minimal 3.30 dan untuk pelamar S3 IPK S1 minimum 3.10 dan IPK S2 minimal 2.90.
  • TOEFL IBT minimal 79 atau IELTS minimal 6. Hanya TOEFL iBT atau IELTS resmi yang diterima, bukan TOEFL prediction atau institution.
  • Hasil scan transkrip S1 dan S2. Hasil scan diunggah ke sistem aplikasi online. Setelah dinyatakan diterima oleh KAUST, hardcopy transcript harus dikirim lanngsung ke KAUST oleh kampus yang mengeluarkan transkrip.
  • Statement of Purpose yang berisi motivasi, persiapan, riset yang kamu minati, dan rencana masa depan.
  • Surat rekomendasi dari 3 dosen/professor yang menjelaskan pribadi, keahlian dan prestasi pelamar. (Surat rekomendasi diunggah online).

Siapa saja yang boleh mendaftar?

  • Siapa saja boleh mendaftarkan diri, baik Muslim maupun Non-muslim. Tidak akan ada permasalahan agama pada kampus ini.

  • Laki-laki dan perempuan mempunyai kesempatan yang sama untuk dapat diterima. Penekanan untuk pendaftar wanita, wanita tidak harus didampingi Mahramnya sewaktu kuliah disini (Tidak harus menikah dahulu atau membawa suami).

  • Tidak ada perbedaan kesempatan antara calon mahasiswa yang belum atau sudah berkeluarga. Bahkan, untuk mahasiswa yang sudah berkeluarga dan ingin membawa keluarganya akan diberikan fasilitas lebih, seperti rumah tinggal yang lebih besar dan tiket pesawat pulang pergi yang juga mengcover tiket pesawat untuk anak dan istri/suami.

  • Tidak ada batasan usia pendaftar.

Batas Akhir Pendaftaran

Normalnya, untuk yang ingin memulai kuliah pada Januari, deadline pendaftaran ialah pada 1 November (hanya dibuka untuk Program PhD/S3). Untuk yang ingin memulai kuliah pada September, deadline pendaftaran pada 15 January (terbuka untuk Master dan PhD). Pengumuman berkisar sekitar 2 atau 3 bulan setelah deadline pendaftaran.

Semua pendaftaran beasiswa, baik S2 maupun S3 dapat dilengkapi di http://www.kaust.edu.sa/admissions/admissions.html.

Sumber: Milis Beasiswa

.

Artikel Terkait:

Comment

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s